Apa Kabar Kevin Rose Nasution? Atlet Renang Berprofesi Artis dan Kembali ke Air

Siapa tak kenal Nasution bersaudara yang menggetarkan gelanggang renang di era 1980 hingga 1990-an, di dalam dan liuar negeri. Lima bersaudara ini menjadi ikon ratu dan raja renang Indonesia: Elfira Rosa Nasution, Maya Masita Nasution, Elsa Manora Nasution, Kevin Rose Nasution dan Muhammad Akbar Nasution. Apa kabar Kevin Rose Nasution, anak ke-4 Radja Mursinal Nasutio, saat ini?

Sudah menjadi rahasia umum, jika Radja Nasution melatih anak-anaknya hingga menjadi perenang andal melalui disiplin yang ketat. “Dulu, waktu masih jadi atlet renang dan dilatih Papa, aku dan kakak-kakakku enggak boleh lebih dari 90 jam meninggalkan kolam renang. Papa takut rasa dekat kami dengan air jadi berkurang,” kata Kevin, bercerita.

“Ketertarikan dengan olahraga renang ini karena sering dibawa ke kolam renang oleh orang tua, menemani tiga kakak yang sudah terjun duluan di olahraga renang, kemudian digembleng Papa secara langsung,” ujarnya kepada Tempo.co.

Perempuan kelahiran Medan, 14 September 1979, ini, meraih prestasi di beberapa kejuaraan nasional antarprovinsi, saat itu ia mewakili Jambi di umur 8 tahun. “Sekitar 6 tahun saya menjadi anggota tim nasional dari junior sampai senior,” katanya.

Di tengah prestasi-prestasi itu, ia memutuskan mengundurkan diri sebagai atlet renang. “ Saya mengundurkan diri dari renang pada 1998 setelah pertandingan Arafuru Games di Darwin Australia,” katanya. Alasannya? “Karena saat itu saya merasa kehilangan masa kecil dan tidak memiliki kehidupan yang normal layaknya anak-anak seumuran dahulu. Iya, pergulatan batin sangat terasa, apalagi sebagai anak ke-4, saya selalu berkompetisi dengan kakak-kakak saya sendiri sebagai lawan di semua event,” kata dia.

Setelah mencoba berbagai profesi di dunia hiburan sebagai model majalah dan artis, bahkan sempat membintangi film 7 Hari 7 Cinta 7 Wanita pada 2011. Kevin Rose Nasution tak bisa berpaling dari dunia renang yang membesarkan namanya. Ia kemudian menjadi pelatih renang di klub renang peninggalan ayahnya, dan sampai sekarang tetap ia jalani.

“Saya sekarang head coach di Pari Sakti Swimming Club, klub renang milik saya dan adik saya M. Akbar Nasution yang juga salah satu pelatih renang di Provinsi DKI,” kata Ibu Neeve Jasmine Latifah Adam dan Naomi Shaquila Alexandra Ramadani .S, ini. Sekarang Kevin sebagai tim pelatih dari DKI untuk Open Water Swimming di PON Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.