SehatQ, Beberapa Penyebab Benjolan di Vagina

Benjolan di vagina mungkin akan membuat mayoritas orang merasa khawatir tapi sebenarnya kondisi tersebut tidak selalu berbahaya. Sebagian benjolan tersebut memang diakibatkan oleh penyakit namun dengan melakukan perawatan yang tepat sesuai dengan penyebab benjolan tersebut maka akan bisa segera diatasi.

Berikut ini artikel kesehatan akan memberikan ulasan mengenai apa penyebab benjolan di vagina.

Apa Penyebab Benjolan di Vagina?

 

Bisul Vagina

Benjolan yang terdapat di area vagina bisa saja diakibatkan oleh bisul yang di sini disebut juga dengan abses atau furunkel. Bisul tersebut dapat terjadi oleh karena folikel rambut yang terdapat di bagian vagina terinfeksi bakteri Staphylococcus Aureus.

Bisul ini bisa muncul di area tempat rambut kemaluan tumbuh dan umumnya juga akan disertai dengan rasa nyeri dan hangat. Selain itu terasa lunak saat Anda sentuh. Bisul vagina bisa diakibatkan beberapa hal diantaranya yaitu:

  • Kebersihan vagina yang buruk
  • Kelebihan berat badan
  • Diabetes atau kondisi lain yang membuat sistem kekebalan tubuh melemah
  • Sering memakai pakaian dalam yang ketat
  • Luka pada kulit
  • Gigitan serangga
  • Melakukan kontak dengan seseorang yang memiliki bisul

Biasanya bisul vagina adalah kondisi ringan yang bisa sembuh dengan sendirinya dengan melakukan perawatan secara mandiri untuk beberapa minggu. Tapi beberapa jenis bisul tersebut bisa mengalami infeksi yang cukup mengganggu serta menyakitkan sehingga akan dibutuhkan penanganan medis dalam mengatasinya.

Kista Vagina

Kista vagina merupakan kantong yang di sini berisi cairan dan biasanya dirasakan sebagai benjolan di bagian dinding vagina. Biasanya benjolan tersebut memiliki ukuran kira-kira sebesar kacang tanah atau mungkin lebih kecil.

Jenis kista vagina yang sering terjadi yaitu kista inklusi vagina. Terbentuknya kista tersebut dapat terjadi setelah seseorang melahirkan atau di sini ketika mengalami trauma tertentu di organ vaginanya.

Mayoritas terbentuknya kista vagina tersebut tidak menyebabkan rasa nyeri serta tidak memicu masalah kesehatan, hanya saja di beberapa kasus terdapat kista yang bisa mengakibatkan ketidaknyamanan ketika berhubungan seks.

Kutil Kelamin

Jika terdapat benjolan di area vagina yang teraba dengan permukaan yang cenderung kasar tebal dan seperti menempel di bagian dinding vagina maka kemungkinan di sini Anda mengalami kutil kelamin.

Kutil kelamin tersebut di karenakan oleh infeksi human papillomavirus yang menular melalui kontak seksual ataupun melalui oral. Bisul kelamin tersebut bisa muncul dengan bentuk benjolan di area vagina, baik itu di bagian dalam ataupun bagian luar serta di area sekitar anus.

Kutil kelamin tidak menyebabkan rasa sakit benjolan serupa warna kulit maupun cenderung merah muda ukurannya juga biasanya kecil-kecil dan tumbuh lebih dari satu di area sekitar vagina.

Herpes Kelamin

Penyebab benjolan di area vagina yang selanjutnya yaitu dikarenakan herpes kelamin. Di tahapan awal infeksi menular oleh karena disebabkan virus herpes simpleks atau dikenal juga dengan singkatan HSV.

Infeksi virus tersebut ditandai dengan rasa yang kurang nyaman, pembekakan kelenjar, demam dan juga munculnya luka yang terjadi pada bagian organ intim. Di tahapan lanjutan herpes kelamin tersebut akan menyebabkan munculnya benjolan berwarna merah di bagian genital.

Benjolan tersebut selanjutnya akan berubah menjadi bisul atau lepuhan yang terasa begitu sakit. Benjolan herpes kelamin nantinya bisa pecah kemudian membentuk koreng atau luka terbuka.

Itulah tadi ulasan mengenai apa saja penyebab yang bisa menimbulkan bisul vagina. Dengan mengerti penyebab munculnya bisul tersebut tentu proses pengobatan akan jadi lebih mudah dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.