Skill yang Perlu Dimiliki Seorang Content Writer

Seorang content writer bukan hanya harus bisa merangkai kata saja. Tapi mereka harus mempunyai banyak skill yang perlu dikuasai. Jadi seorang penulis konten bukan sekedar menulis saja. 

Di pembahasan kali ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang beberapa skill yang perlu dimiliki oleh seorang content writer yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut : 

Apa Saja Skill yang Perlu Dimiliki Oleh Seorang Content Writer ? 

 

  • Menulis dengan Beragam Gaya

Pekerjaan utama bagi seorang penyedia jasa penulis artikel tentu saja menulis. Ini merupakan keterampilan utama yang perlu mereka kuasai. Bukan hanya sekedar merangkai sebuah kata saja, tapi anda juga perlu memahami berbagai macam tekniknya karena penggunaannya juga berbeda-beda. 

Misalnya ketika sedang menulis di blog, jadi gaya bahasa yang harus digunakan yaitu yang friendly tapi kadang juga mengandung opini. Lain ceritanya untuk penulisan berita, anda perlu membuatnya dengan detail yaitu secara informatif. Tapi harus tetap terlihat menarik. 

Oleh sebab itu, apabila anda ingin menjadi seorang content writer yang terbaik dan berkualitas, maka anda perlu menguasai semuanya. Anda pun juga harus memakai tehnik yang benar. 

  • Riset

Riset tak hanya perlu dikuasai oleh seorang peneliti. Tulisan yang bagus juga sangat perlu di sokong dengan hasil yang berkualitas. Contohnya jika anda sedang membahas salah satu topik, maka anda juga perlu mengetahui berbagai informasi tentang topik tersebut. 

Tak hanya itu saja, dimana Anda juga bisa menuliskan semua hal tentang topik tersebut agar lebih jelas dan terperinci. Jadi jangan sampai ada sebuah informasi yang anda ketahui tapi tidak anda masukkan ke dalamnya. 

Sedangkan info tersebut adalah hal yang sangat penting untuk diketahui oleh para pembaca. Jadi anda jangan sampai melupakan skill yang satu ini. Riset tersebut dapat anda cari melalui internet, wawancara, dan lain sebagainya. 

  • Memilih Topik Menulis

Hal yang perlu anda ingat bahwa sebuah tulisan bukan hanya dibuat untuk diri anda sendiri. Rangkaian kata dalam tulisan di artikel tersebut dibuat dengan tujuan agar bisa memberikan informasi kepada para pembaca. 

Maka dengan alasan tersebut seorang content writer perlu memiliki skill yang satu ini, yaitu memilih topik yang menarik dalam menulis. Ini bukanlah suatu hal yang sepele, karena untuk bisa menarik minat para pembaca. Maka anda juga harus memahami apa yang dapat membuat mereka tertarik untuk membaca artikel yang anda tulis. 

Cari tahu apa ada informasi yang mereka butuhkan dan sejauh mana mereka perlu memahami informasi tersebut. Dengan memahami segala halnya, maka anda dapat memilih topik yang tepat, dengan demikian para pembaca akan lebih tertarik dengan apa yang anda tulis. 

  • Dasar SEO

Skill berikutnya yang perlu dimiliki oleh seorang content writer yaitu harus paham dasar SEO. Google seringkali menjadi saluran distribusi pertama bagi konten anda. Berada di posisi nomor satu pada hasil pencarian google menjadi hal yang paling di dambakan bagi para content writer dan juga bagi seorang blogger. 

Maka dari itu, agar mesin pencari bisa menyukai tulisan yang anda buat. Maka anda perlu memahami dasar SEO (Search Engine Optimization). Paling tidak anda harus tahu teknik dasar menulis dengan sesuai kaidah yang ada. Jadi apabila anda paham tekniknya lebih lanjut, tentu saja akan lebih baik lagi. 

  • Media Sosial

Selain melalui search engine, sebuah content juga perlu disebar melalui media sosial. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar lebih banyak orang yang mengetahui content tersebut. Maka dari itu, anda perlu memahami dunia tersebut. 

Setidaknya anda juga harus tahu siapa saja audiens media sosial anda. Misalnya info seperti apa yang mereka sedang cari atau yang mereka sukai. Setelah itu anda juga bisa share content terkait yang anda buat di media sosial tersebut. Para audiens juga dapat menjadi suatu inspirasi bagi content anda selanjutnya.

Nah, itulah tadi yang dpaat dijelaskan mengenai beberapa skill yang perlu dimiliki oleh seorang content writer, dan semoga ulasan yang telah dipaparkan diatas dapat bermanfaat untuk anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.