Tanda dan Gejala Pcos yang Tidak Boleh Diabaikan

Tanda Serta Gejala Pcos yang Tidak Boleh Diabaikan

PCOS adalah gangguan hormon yang sering terjadi pada wanita, terutama saat memasuki usia reproduksi aktif. Wanita dengan PCOS mungkin memiliki periode menstruasi yang jarang atau berkepanjangan, dan mungkin memiliki kelebihan kadar hormon androgen pria.

Dalam hal ini, ovarium dapat mengembangkan banyak kumpulan kecil cairan (folikel) dan kemudian gagal melepaskan telur secara teratur. Penyebab pasti PCOS masih belum diketahui.

Diagnosis dan pengobatan dini bersama dengan program penurunan berat badan diketahui dapat mengurangi resiko komplikasi jangka panjang dari PCOS, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Apa Saja Tanda dan Gejala Pcos?

  1. Tumbuh rambut di area yang tidak diinginkan

Kondisi ini sering disebut sebagai hirsutisme. Orang dengan hirsutisme biasanya memiliki pertumbuhan rambut di tempat yang tidak terduga. Ini termasuk area seperti wajah, dagu, payudara, perut, dan jari kaki.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh peningkatan kadar hormon pria di tubuh wanita. Selain pertumbuhan rambut yang berlebihan, kelebihan hormon ini juga bisa memicu tumbuhnya jerawat yang parah.

  1. Rambut rontok

Masalah lain yang sering muncul akibat ketidakseimbangan hormon pada penderita PCOS adalah rambut rontok. Wanita dengan PCOS mungkin lebih rentan terhadap penipisan rambut, terutama ketika mereka memasuki usia paruh baya.

Kerontokan rambut ini awalnya terjadi sedikit, tetapi seiring waktu bisa menjadi lebih parah. Rambut akan menjadi lebih rapuh, bercabang dan mudah rontok, terutama ketika disisir.

  1. Masalah berat badan

Sebagian besar kasus wanita penderita PCOS mengeluhkan masalah berat badannya, namun hal ini bervariasi sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Beberapa mengalami kesulitan menambah berat badan atau mengalami kesulitan menurunkan berat badan.

Itu semua tergantung pada kondisi hormonal dan fisik setiap wanita. Untuk mengembalikan berat badan Anda ke angka yang disarankan, Anda harus berkonsultasi dengan ahli gizi.

  1. Sulit tidur dan merasa lelah sepanjang waktu

Gangguan pola tidur juga bisa menjadi salah satu tanda dan gejala PCOS yang perlu Anda ketahui. Perhatikan apakah Anda sering mengalami kesulitan tidur atau mungkin Anda sedang tidur tetapi masih merasa lelah?

Jika demikian, disertai dengan tanda-tanda khas lainnya bisa jadi itu adalah hasil dari PCOS. Selain itu, Anda mungkin juga mengalami gangguan tidur yang dikenal dengan istilah sleep apnea.

Ini berarti bahwa bahkan ketika Anda tidur, Anda tidak merasa cukup istirahat saat bangun. Masalah ini seringkali menimbulkan gejala khas lainnya, yaitu sakit kepala. Selain karena kurang tidur, sakit kepala pada penderita PCOS juga bisa disebabkan oleh perubahan kadar hormon.

  1. Kulit berjerawat atau berminyak

Perubahan hormonal yang terkait dengan PCOS juga bisa membuat Anda mengalami masalah kulit. Salah satunya adalah kulit menjadi mudah berjerawat dan berminyak. Namun, bukan berarti jika Anda memiliki kulit yang cenderung berjerawat dan berminyak, Anda pasti memiliki masalah PCOS.

  1. Gangguan siklus menstruasi

Ketika Anda memiliki PCOS, Anda mungkin mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Anda mungkin juga tidak mengalami menstruasi selama beberapa bulan. Namun begitu Anda menstruasi, Anda bisa mengalami pendarahan yang cukup banyak.

Siklus menstruasi yang jarang, tidak teratur, atau berkepanjangan adalah tanda PCOS yang paling umum. Misalnya, Anda mungkin memiliki kurang dari sembilan siklus menstruasi dalam setahun atau lebih dari 35 hari di antara siklus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.